Tutorial Programming dan Informasi Teknologi

October 15, 2016

KONSEP DAN PEMAHAMAN PERULANGAN (FOR) DALAM PEMROGRAMAN




Salam sejahtera bagi agan2 semua, pada postingan ane kali ini, ane ingin share tentang perulangan for pada pemrograman. Latar belakang ane share topik ini adalah banyaknya para programer pemula (kaya ane) belum tau konsep perulangan pada bahasa pemrograman. Jadi postingan kali ini pure berdasarkan pengalam pribadi. 

Jika masi ada yang belum tau apa itu for atau perulangan adalah sebuah aksi dari pemrograman dimana kondisi output yang di inginkan butuh proses beberapa kali untuk mendapatkan hasil yg sesuai. 

Konsep perulangan pada dunia programming akan sangat berguna terutama melatih logika agan. Dalam dunia pemrograman, logika berfikir agan harus kuat. Salah satu cara melatihnya yaitu dengan mengerti konsep perulangan. Banyak juga perusahaan2 yg melakukan tes kepada para pelamar calon programmer yaitu dengan tes logika perulangan, salah satu contohnya membuat pola piramid dengan perulangan for.

(Contoh pola pyramid menggunakan for)

Lalu bagaimana cara kerja perulangan pada program? Oke langsung ane jelasin aja ya. Setiap program yang kita buat, mau secepat apapun prosesnya dan se lambat apapun prosesnya selalu dibaca oleh compiler dari baris kode pertama paling kiri ke kanan apabila baris pertama sudah selsai maka baru lanjut kebaris kedua dan seterusnya. Itu adalah hal pertama yg harus agan ketahui (pemahaman ini akan sangat membantu apabila agan menemukan permasalahan pada perulangan bercabang)
Bagaimana dengan perulangan for?. Konsepnya sama gan. Langsung aja ane kasi contohnya ya biar ga bingung.

For(int i=0;i<5;i++){
System.out.print("*")
}

Pada kode diatas adalah contoh perulangan menggunakan for tanpa percabangan paling sederhana. Output dari kode diatas adalah melakukan print tanda bintang (*) sebanyak 4 kali kesamping. Untuk memudahkan membaca program diatas silahkan agan fokus ke kode yg bertuliskan "i<5" ini artinya perulangan akan dilakukan sebanyak 5x dan diawali dari 0 ini ditandai oleh kode "i=0". Sedangkan "i++" sama artinya dengan "i+1" artinya variable i akan terus ditambah 1 selama perulangan berlangsung.

Selanjutnya lanjut ke part 2 ya gan. Ditunggu postinganya. Akan segera di update :), bagi yang belum mengerti dan kurang jelas, silahkan isi kolom komentar ya gan. Salam koding :)

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *