Tutorial Programming dan Informasi Teknologi

October 13, 2016

KONSEP MVC PADA WEB DEVELOPMENT



Salam sejahtera buat agan agan semua. Gimana kabarnya gan?. Btw ini adalah postingan pertama ane nih di blog sederhana ane ini. Blog ini ane buat untuk sharing sharing tutorial tutorial. tentunya tutorial yg akan ane share sesuai dengan judul blog, yaitu tentang teknologi. Entah itu programming, fotographi or something like that lah (so inggris :D ).

Pada postingan pertama ane ini, ane bakal share tentang konsep MVC pada dunia programming. Oke pertama tama yg ane bakal kasi tau adalah, kepanjangan MVC :D , MVC singkatan dari Model View Controller. Konsep MVC sendiri memisahkan struktur program menjadi 3 bagian. 3 bagian tersebut yang akan menghubungkan bagian terluar atau yg sering kita lihat dan gunakan (user interface) dengan bagian dalam (back end).  Agar lebih jelas silahkan lihat ilustrasi berikut :





 
Ilustrasi Konsep MVC


Ilustrasi diatas merupakan representasi dari program yang dibangun menggunakan konsep MVC. View sendiri mewakili bagian terluar dari program yang dibangun atau sering kita sebut user interface. User interface ini biasanya menyajikan tampilan tampilan yang dibuat se user friendly mungkin (apasih :D).

Lalu ada bagian controller berperan sebagai penghubung antara user interface dan backend. Backend biasanya berisi perintah perintah kode pemrograman dan bagian yang paling dekat dengan basis data. Ketika View meminta akses untuk menampilkan suatu data, Controller akan menunjukan kemana perintah tersebut  akan diproses.

Bagian model pada konsep MVC adalah bagian paling dekat dengan basis data. Bagian model sendiri berisi representasi dari basis data hanya saja ditampilkan dalam bentuk object-object. Konsep ini juga biasanya disebut konsep ORM (Object relational Mapping). Jadi bahasa sederhananya kelas model adalah kelas yang berisi object2 yang akan mewakili data pada basis data.

Dari penjelasan diatas kita dapat mengetahui jalan atau konsep bagaimana program MVC itu bekerja. Namun penjelasan diatas hanya menjelaskan proses satu arah dari view ke model. Pada proses sebaliknya sebenarnya akan sama. Hanya saja dimulai dari bagian backend ke frontend (user interface).

Nah begitulah konsep MVC, sederhana bukan?. Kalau agan-agan dan aganwati ada pertanyaan mengenai konsep MVC ini silahkan isi pada kolom komentar. Sekian gan sampai jumpa di postingan selanjutnya .


2 comments:

  1. baru aja belajar ginian tadi, thanks gan udh diperjelas
    Info Informatika

    ReplyDelete
  2. terima kasih gan, tutorial penjelasannya sangat membantu dan memudahkan dalam memahami konsep MVC...

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *