Tutorial Programming dan Informasi Teknologi

December 17, 2016

Konsep Object Oriented Programming [OOP]


Pengertian Object Oriented Programming [OOP]

Dari namanya saja dapat kita simpulkan bahwa OOP merupakan sebuah konsep pemrograman yang berorientasikan pada sebuah object. oleh karena itu untuk memahami konsep ini fikirkan sebuah object yang nyata. Contohnya Object itu adalah sebuah motor, mobil, pesawat dll.

OOP diciptakan dengan maksud untuk memudahkan programmer dalam membangun aplikasi atau program. karena program-program yang diciptakan dari konsep OOP semuanya terbentuk dari object-object yang saling berkaitan satu sama lain. Pada contoh yang sebelumnya saya berikan merupakan contoh dari kehidupan nyata. mari kita deskripsikan lebih lanjut agar konsep OOP dapat dipahami

Object pertama : Motor.

Motor adalah sebuah object. anggap saja motor ini gambaran dari sebuah aplikasi dengan konsep OOP. Motor ini terbentuk dari beberapa object. contohnya:
1. Mesin.
2. Body.
3. Ban.
4. warna

Lalu tidak sampai disitu, Motor juga memiliki karakteristik. contohnya.
1. Bagaimana Mesinya berjalan : dengan sistem Ijeksi.
2. bagaimana Pengeremanya bekerja : dengan sistem ABS.

Contoh diatas sengaja saya kelompokan menjadi 2 kelompok. karena dalam OOP object juga dibagi 2. yang pertama adalah state dan yang kedua adalah behavior. Contoh kelompok pertama mewakili object state. bisa dilihat karakteristiknya. state merupakan sebuah object dalam OOP yang bersifat pasif dan tidak melakukan operasi apapun dan lebih mewakili kata benda.

Behavior merupan object pada konsep OOP. bedanya dengan state adalah, object ini dapat melakukan aksi. dan bersifat dinamis. seperti contoh diatas. Sistem injeksi merupakan sebuah object namun didalamnya terdapat aksi aksi lain yang menjelaskan Sisitem Injeksi bekerja. Contoh lain, sistem pengereman ABS akan berbeda dengan sistem pengereman tromol. namun keduanya adalah object yang menjelaskan tentang pengereman. namun aksi yang dilakukan berbeda.

Kesimpulan dari contoh yang saya jelaskan adalah, bahwa object motor terbentuk dari beberapa object lainya. dan saling berhubungan satu sama lain, sehingga object utamanya bisa bekerja dengan baik. Begitu pula pada konsep OOP. Program atau aplikasi dengan konsep OOP tercipta dari object-object yang berkaitan satu sama lain.


1 comment:

  1. Saya malah lebih paham gini, ada perumpamaannya. Sudah praktek tpi susah juga buat memahami, hihihi makasih min :D

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *