Tutorial Programming dan Informasi Teknologi

December 21, 2016

Tutorial MySql Database [Part 2 : Instalasi]


Kebutuhan Dasar :
Pastikan sudah membaca tentang Pengenalan MySQL Database , Jika Sudah membaca dan memahami saatnya untuk menuju ke tahap instal MySQL itu sendiri. Pada Tutorial kali ini MySQL yang digunakan adalah MySQL versi terbaru yaitu versi 5.7. Sebenarnya menginstal MySQL dapat dengan mudah di instal dengan XAMPP. jika anda menginstal via XAMPP anda tidak akan dipusingkan dengan  konfigurasinya. Namun pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menginstal MySQL secara Stand Alone, agar para pembaca dapat mengetahui setingan setingan dasar pada saat instalasi.

Instalasi Stand Alone
Untuk menginstal MySQL dapat membuka link resminya yaitu MySQL 5.7 , Jika sudah membukanya maka akan terlihat jendela seperti berikut :



Silahkan pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi yang anda pakai pada komputer. untuk mengetahui versi OS nya, klik kanan di computer kemudian properties. pada tutorial kali ini MySQL akan dijalankan pada sistem operasi windows 64 bit. 

Pada gambar terdapat beberapa pilihan yaitu untuk keperluan login dan signup, namun itu tidak harus dilakukan, cukup klik No thanks, just start my download. kemudian proses download akan dimulai. Jika sudah terdownload klik file hasil download untuk memulai instalasi.



setelah preparing instalation kita akan dibawa ke jendela baru yang isinya pilhihan pakt instalasi MySQL 5.7. Pilihan pertama adalah Developer Default, pilihan kedua Server Only dan seterusnya. Penjelasan mengenai isi paket-paket Instalasi tersebut ada paka bagian kanan jendela instalasi, seperti gambar dibawah ini.




Pada tutorial kali ini saya akan memilih paket default dari MySQL 5.7 yaitu paket Developer Default, Karena isi paketnya sudah lengkap untuk kebutuhan Develop suatu database. Setelah itu klik Next maka akan terlihat jendela seperti Gambar di bawah ini, lalu klik Execute.



Tunggu beberapa saat sampai status intall menjadi complete seluruhnya, jika sudah complete klik next. Maka kita akan dibawa ke jendela baru seperti gambar di bawah ini. klik next



Setelah itu jendela selanjutnya adalah type and Networking. Konfigurasi ini untuk menentukan jenis server yang akan digunakan MySQL. Pada pilihan Config typ, pilih Development Machine. lalu untuk bagian TCP/IP untuk Port biarkan pengaturan default yang diberikan MySQL yaitu 3306. 



setelah pengaturan Type and Networking selanjutnya kita akan dibawa ke jendela pengaturan password untuk user root. User ‘root’ dalam istilah keamanan komputer sering disebut sebagai ‘superuser’. Superuser merupakan tingkatan user tertinggi dimana user ini dapat melihat, mengubah, bahkan menghapus seluruh database dan menjalankan perintah apapun yang terdapat dalam MySQL. Dalam tahap pembelajaran, kita diuntungkan dan dimudahkan dengan menggunakan user root dalam membuat database MySQL. Hal ini dikarenakan user root dapat menjalankan segala perintah dalam MySQL.



Setting root pasword dengan mengisikan password yang mudah di ingat, lalu pada kolom Repeat Password isikan kembali password yang sudah di isikan pada MySQL Root Password. Untuk MySQL User Accounts diabaikan saja, Jika sudah klik next. Maka akan terlihat jendela seperti gambar dibawah.



Kita menggunakan pengaturan default bawaan dari MySQL saja, seperti gambar diatas adalah pengaturan untuk penamaan Service MySQL, biarkan penamaan ini sesuai dengan defaultnya saja, begitupun pada pengaturan window service as, lalu klik next. Pada jendela berikutnya terdapat pilihan Plugin And Extensions. klik next saja karena ini hanya fitur tambahan jadi sifatnya optional.



Setelah klik next, tahapan selanjutnya MySQL akan melakukan penerapan konfigurasi yang sudah kita buat. klik Execute dan tunggu sampai proses selesai sampai terlihat status terceklis semua, seperti gambar di bawah ini. lalu klik finish.



Setelah apply server configuration tahapan selanjutnya adalah product Configuration. klik next saja sampai terlihat jendela seperti gambar di bawah ini.



Pada Gambar di atas terdapat input user dan password untuk keperluan pengecekan koneksi. masukan user root dan password yang sebelumnya telah dibuat. jika berhasil maka akan terlihat ceklis beserta status Connection Successful. klik next. pada tahapan selanjutnya MySQL akan menerapkan server Configuration. klik execute untuk memulainya. tunggu sampai proses selesai. dan klik finish.


Tahapan demi tahapan sudah dilakukan, dan instalasipun selesai. untuk itu klik finish. Untuk mengecek apakan MySQL sudah bisa dijalankan silahkan klik Start pada dekstop anda, cari MySQL, Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.


Klik MySQL 5.7 Command Line Client, sampai terlihat MySQL Console. biasanya Console mengharusnkan kita memasukan password. masukan password yang sudah di set sebelumnya di pengaturan instalasi tadi.




Jika pada saat memasukan password lalu terlihat tampilan seperti gambar diatas, maka proses instalasi berhasil. Selamat kamu sudah berhasi menginstal MySQL versi 5.7.

Menjalankan dan Mematikan Service MySQL 5.7 
Setelah tahapan instalasi tahapan selanjutnya adalah bagaimana menjalankan dan mematikan service dari MySQL, pada versi 5.7 kita dimudahkan pada status server yang ada pada taskbar. kita dapat dengan mudah menjalankan dan memberhentikan service dari MySQL. seperti pada gambar dibawah ini.


klik kanan pada icon berbentuk lumba-lumba lalu akan ada pilihan start, stop dan restart.
Hosting Unlimited Indonesia

1 comment:

  1. ini yang buat localhost gitu ya ?
    wah lumayan gan .. makasih infonya :)

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *