Tutorial Programming dan Informasi Teknologi

January 3, 2017

Tutorial MySql Database [Part 5 : Membuat dan Menghapus Database]


Kebutuhan Dasar :
Sebelum melanjutkan membaca tutorial tentang membuat dan menghapus database, pastikan kamu sudah membaca part sebelumnya mengenai MySQL sebagai berikut :
Membuat Database MySQL
Pada part sebelumnya telah dibahas tentang Dasar Penulisan Query MySQL Database , pada part kali ini akan dibahas tentang cara membuat database. Namun sebelum kita dapat membuat database kita harus mengakses server MySQL terlebih dahulu. caranya sudah dibahas pada part Administration MySQL Database.

Dalam penggunaannya sehari-hari, sebuah aplikasi biasanya hanya akan memiliki sebuah database. Di dalam MySQL (dan juga di dalam aplikasi relational database lainnya), Database adalah kumpulan dari tabel-tabel yang saling berhubungan. Database adalah tempat dimana tabel-tabel akan dibuat. Untuk membuat database, format penulisan querynya adalah:
 CREATE DATABASE [IF NOT EXISTS] nama_database  

* Pada query diatas terdapat [IF NOT EXISTS] yang artinya Database akan dibuat jika nama database yang sama belum pernah dibuat sebelumnya. IF NOT EXISTS adalah kondisi optional, boleh disertakan boleh juga tidak. 

Agar lebih mudah dipahami mari kita buat database dengan nama Mahasiswa.
 mysql> CREATE DATABASE mahasiswa;  
 Query OK, 1 row affected, 1 warning (0.00 sec)  

Sekarang Database Mahasiswa sudah ada dalam daftar database MySQL, mari kita jalankan perintah Create database mahasiswa yang kedua kalinya:
 mysql> CREATE DATABASE mahasiswa;  
 ERROR 1007 (HY000): Can't create database 'mahasiswa';   
 database exists  

Bisa dilihat terdapat pesan error dikarenakan database Mahasiswa sudah pernah dibuat sebelumnya, mari kita bedakan jika kita menuliskan create database mahasiswa dengan kondisi IF NOT EXISTS seperti query dibawah ini:
 mysql> CREATE DATABASE IF NOT EXISTS mahasiswa;  
 Query OK, 1 row affected, 1 warning (0.00 sec)  

Pada query diatas tidak akan menampilkan pesan error, namun query tersebut tidak akan berpengaruh apapun pada database mahasiswa karena kondisi IF NOT EXISTS.
*Catatan :database Mahasiswa tidak akan di overwrite oleh kondisi IF NOT EXISTS. 

Melihat Daftar Database
Database yang kita buat tersimpan di server MySQL, Untuk melihat daftar database yang sudah dibuat querynya adalah sebagai berikut.
 mysql> SHOW DATABASES;  
 +--------------------+  
 | Database           |  
 +--------------------+  
 | information_schema |  
 | mahasiswa          |  
 | mysql              |  
 | performance_schema |  
 | test               |  
 +--------------------+  
 5 rows in set (0.00 sec)  

Untuk melakukan transaksi seperti melihat table, insert data dan lain lain, kita harus memilih database mana yang akan digunakan.format query untuk memilih database ini adalah:
 USE nama_database;  

nama_database adalah database yang akan kita gunakan. Jika kita ingin menggunakan database mahasiswa, maka querynya adalah:
 mysql> USE mahasiswa;  
 Database changed  

Menghapus Database
Jika database sudah tidak lagi digunakan, kita dapat menghapusnya dengan perintah Drop, menghapus database berarti menghapus seluruh data yang ada dalam database tersebut, seperti tabel dan seluruh data didalamnya. Untuk menghapus database query yang digunakan adalah
 mysql> DROP DATABASE mahasiswa;  
 Query OK, 0 rows affected (0.01 sec)  

Kita juga dapat menambahkan IF EXISTS, jadi query akan menghapus suatu database jika database itu ada. jika tidak ada, query tersebut tidak akan melakukan apapun. Demikian tutorial untuk membuat dan menghapus database MySQL, Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *