Tutorial Programming dan Informasi Teknologi

January 6, 2017

Tutorial MySql Database [Part 6 : Membuat dan Menghapus Table]


Setelah kita membuat database yang dibahas di part sebelumnya mengenai Membuat dan Menghapus Database. pada part kali ini akan dibahas tentang cara membuat tabel, dimana tabel ini berguna untuk menyimpan koleksi data. Namun Sebelum melanjutkan pastikan kamu sudah membaca part-part sebelumnya tentang MySQL Database :
Membuat Tabel
Jika sebuah database berisikan tabel-tabel yang saling berhubungan, maka tabel berisikan data data, data tersebut bisa berupa huruf, kalimat, angka sampai data paling rahasia sekalipun contohnya password. untuk membuat tabel di MySQL query yang digunakan hampir sama dengan membuat database yaitu dengan perintah create, formatnya adalah sebagai berikut.
 CREATE TABLE [IF NOT EXISTS] nama_tabel (daftar_kolom) [type=tipe_tabel]  

  • Query opsional [IF NOT EXISTS] sama seperti pada query pembuatan database, digunakan untuk membuat MySQL tidak menampilkan pesan error jika tabel tersebut telah ada sebelumnya dalam database. 
  • Nama_tabel adalah nama dari tabel yang ingin kita buat. 
  • Daftar_kolom berisi definisi dari kolom-kolom yang akan kita buat untuk database ini. Lebih lanjut tentang jenis-jenis kolom akan kita bahas dalam tutorial selanjutnya. 
  • Tipe_tabel adalah query opsional dimana kita dapat mendefinisikan tipe tabel untuk tabel yang akan kita gunakan, seperti MyISAM maupun InnoDB. Lebih lanjut tentang tipe tabel akan kita bahas pada tutorial berikutnya.
* Catatan:
Sebelum membuat tabel, pastikan kamu sudah memilih database mana yang akan digunakan, dengan perintah use nama_database, yang sudah dibahas di part sebelumnya.

Saya akan contohkan untuk membuat tabel data_mahasiswa, struktur tabelnya seperti tabel dibawah ini:

Nim
Nama
Alamat
Jurusan
1211707040
M. Firman Nurhakim
Bandung
T. Elektro
1211707041
Manggala Pradana
Garut
T. Elektro
1211707042
Muhamad Huda
Cimahi
T. Elektro
1211707043
M. Rijal Purnama
Garut
T. Elektro

Keterangan :
Kolom Nim : Pada kolom ini akan terisi angka, namun bukan angka untuk perhitungan matematis, jadi tipe data yang akan digunakan pada kolom nim adalah char, char pada MySQL adalah tipe data untuk character bisa angka dan huruf.

Kolom Nama, alamat dan urusan : Kolom tersebut berisikan huruf saja, kita definisikan tipe datanya adalah varchar.

* Catatan : Tipe data angka untuk perhitungan matematis adalah menggunakan Integer. Untuk tipe data char, maksimal huruf yang diinputkan adalah sebanyak 50 character. Jika lebih bisa menggunakan varchar. 

mari kita praktekan dengan query MySQL, Querynya adalah sebagai berikut :
 mysql> CREATE TABLE data_mahasiswa ( nim char(12), nama varchar(60),   
 alamat varchar(100), jurusan char (30) );  
 Query OK, 0 rows affected (0.08 sec)  

Penjelasan Query :
Pada query yang dicontohkan, kita membuat table dengan nama tabel data_mahasiswa, dengan 4 kolom yang terdiri dari Nim, Nama, Alamat dan Jurusan. pada kolom Nim kita asumsikan penggunaan karakternya sebanyak 12 karakter, pada kolom nama kita memberikan space varchar sebanyak 60 karakter, Alamat sebanyak 100 karakter dan jurusan sebanyak 30 karakter.


No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *