Tutorial Programming dan Informasi Teknologi

May 29, 2017

Konsep Object Oriented Programming [OOP][PART II]

OOP Concept
OOP adalah sebuah konsep pemrograman yang berorientasikan kepada object. Kenapa demikian? karena setiap program yang dibuat dengan menggunakan konsep OOP terdiri dari object-object yang saling berhubungan. Sebagai contoh, saya mempunyai object yaitu Sebuah Motor, Motor tersebut dibangun dengan berbagai object lain seperti Body, Ban, Mesin, Warna, Jenis Dll dan object-object tersebut saling berhubungan sehingga tercipta object bernama Motor. Dalam OOP dikenal beberapa sifat yang tidak bisa dipisahkan yaitu :
 
Enkapsulasi :
Memastikan detai implementasi dari object tidak terlihat oleh user. Variable dari class akan disembunyikan dari class lain atau yang disebut dengan Data Hiding . Untuk menggunakan konsep enkapsulasi di Java adalah dengan cara mendeklarasikan variabel sebagai private, dan menyediakan metode setter dan getter publik, untuk memodifikasi dan melihat nilai variabel.

Inheritance :
Memungkinkan suatu class memiliki subclass. Subclass dapat mengakses seluruh object dari Superclass kecuali object private.

Polimorfisme:
Memungkinkan suatu object memiliki banyak bentuk. Suatu object dengan metode polimorfism dapat memiliki banyak bentuk dari class yang saling berhubungan dengan extends dan dapat memiliki satu method namun mempunyai implementasi yang berbeda beda

Contoh :

 class Animal {  
 public void makeSound() {  
 System.out.println("Grr...");  
 }  
 }  
 class Cat extends Animal {  
 public void makeSound() {  
 System.out.println("Meow");  
 }  
 }  
 class Dog extends Animal {  
 public void makeSound() {  
 System.out.println("Woof");  
 }  
 }  
 public static void main(String[ ] args) {  
 Animal a = new Dog();  
 Animal b = new Cat();  
 a.makeSound();  
 //Outputs "Woof"  
 b.makeSound();  
 //Outputs "Meow"  
 }  

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *